Ulama Mazhab berbeda pendapat soal hasil panen apa saja yang termasuk harta wajib zakat pertanian. Berikut ulasannya.

Menurut pendapat madzhab Hanafi Hasil pertanian adalah hasil tumbuh-tumbuhan ataupun tanaman yang bernilai ekonomis sepeti biji-bijian, umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan, rumput-rumputan, dan lain-lain.

Menurut madzhab Syafi’i yang termasuk dalam golongan hasil pertanian hanyalah terbatas pada hasil pertanian yang dapat digunakan sebagai makanan pokok, seperti padi, gandum, kedelai, jagung, kacang, dan lain-lain, serta buah kurma dan anggur.

Menurut madzhab hanafi berapapun yang dihasilkan dari hasil pertanian tetap harus dikeluarkan zakatnya sebesar 10% tanpa syarat mencapai nishab.

Sedangkan menurut Madzhab Syafi’i, kadar zakat untuk hasil pertanian, apabila diairi dengan pengairan alami seperti, air hujan, sungai, mata air, adalah 10%, sedangkan apabila diairi dengan menggunakan alat-alat tertentu sekira air tidak dapat menjangkau pada lahan pertanian kecuali dengan alat tersebut, maka kadar zakatnya adalah 5%.

Adapun biaya-biaya yang dikeluarkan selain untuk alat pengairan tersebut diatas, seperti pupuk, obat-obatan, upah petugas irigasi (ulu-ulu=jawa), dan lain-lain, tidak dapat mempengaruhi kadar zakat yang harus dikeluarkan.

Untuk perhitungan zakat hasil pertanian, lembaga Yayasan Quantum Zakat mengambil perhitungan menurut Peraturan Menteri Agama, yakni :

(1) Nishab zakat pertanian, perkebunan, dan kehutanan senilai 653 kg gabah.
(2) Kadar zakat pertanian, perkebunan, dan kehutanan sebesar 10% jika tadah hujan atau 5% jika menggunakan irigasi dan perawatan lainnya.
(3) Dalam hal hasil panen yang diperoleh muzaki melebihi nisab, zakat yang harus dibayar sebesar 10% jika tadah hujan atau 5% jika menggunakan irigasi dan perawatan lainnya.

Sekian uraian tentang zakat atas hasil pertanian semoga bermanfaat…

Like fanpage kita di Quantum Zakat

Info Lebih Lanjut Hubungi 0899 863 6060 (Ust. Rivaldi)

 

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *