Dalil Zakat Profesi

Zakat adalah salah satu rukun Islam. Syariat Zakat mengajarkan bahwa dalam setiap harta kita, ternyata ada bagian yang haram untuk kita makan. Termasuk juga dalam setiap penghasilan atau gaji dari profesi bulanan kita. Dan apabila kita tahan, maka akan merusak seluruh rejeki bulanan itu. Apakah gaji kita sudah termasuk wajib zakat? Berapa tarif yang harus dibayar? Kapan harus dikeluarkan?
wajib zakat
  • Rp5,912,249 Donated
  • 13 Donors

About the Campaign

Apakah Gaji/Penghasilan Profesi kita terkena wajib zakat?

Zakat Profesi adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan profesi (hasil profesi) bila telah mencapai nisab. Profesi tersebut misalnya pegawai negeri atau swasta, konsultan, dokter, notaris, akuntan, artis, dan wiraswasta.

Salah satu syarat wajib untuk mengeluarkan zakat adalah cukup nishab, yaitu nilai minimal sesuatu Harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Dan ini berbeda-beda sesuai jenis harta wajib zakatnya. Misalnya, zakat profesi atau penghasilan (al-maal al-mustafad).

Dalil Zakat Profesi ini adalah QS. Al-Baqarah ayat 267:

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”

Menurut Peraturan Menteri Agama no 52 tahun 2014, disebutkan bahwa nishab (batas minimal) zakat penghasilan/profesi adalah 524 kg beras, atau bila dikonversikan ke rupiah seharga beras Rp 7.000/kg, maka batas minimal penghasilan yang terkena zakat adalah Rp 3.668.000,-. Artinya, jika penghasilan kita lebih dari nishab itu, maka gaji terkena wajib zakat.

Berapa harus dikeluarkan? Tarif zakat penghasilan/profesi ini dikiyaskan dengan zakat mal, yakni 2,5%. Adapun cara menghitung zakat profesi/penghasilan ini ada dua (pendapat):

  1. Dihitung langsung dari penghasilan/gaji kotor. Cara ini lebih adil bagi mereka yang sedikit tanggungan, seperti seorang bujangan.
  2. Dihitung setelah dikurangi biaya tanggungan. Cara ini lebih bijak bagi mereka yang sudah punya tanggungan, seperti orang yang berkeluarga dan punya anak.

Kapan wajib dikeluarkan? Zakat penghasilan ini wajib dikeluarkan saat mendapatkan penghasilan itu, sesuai dengan kiyas kepada zakat pertanian, yakni dikeluarkan ketika panen.

Dengan demikian, jika penghasilan Anda adalah Rp 5.000.000/bln, maka Anda wajib menyisihkan 2,5%-nya atau Rp 125.000, untuk zakat. Sebab hakikatnya, 2,5% itu bukanlah milik kita, dan haram untuk kita tahan/makan.

Zakat adalah bagian dari tiang agama. Maka sungguh kita telah menghancurkan sendi agama kita, jika kita mengabaikannya. Dan patut kita catat dan ketahui, jika di negara kita ada keringanan Tax Amnesty, maka untuk zakat.. selama Anda mampu, tidak ada kamus Zakat Amnesty. Maka, jangan pernah tunda hutang zakat kita yang telah jatuh tempo / haul nya.

“Ambillah zakat dari sebagian Harta mereka, dengan zakat itu kamu bersihkan & mensucikan mereka & berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui”. (QS. At-taubah : 103)

Zakat itu mensucikan harta, jangan sampai ditunda.. sebab sungguh akan jadi hutang, bila tidak kita tunaikan segera.

——–
PILIHAN DONASI

Bank Transfer:
BNI Syariah a/n Quantum Zakat
no. 052.313.8865

BCA a/n Nailunni’am
no. 34.200.480.32

Setelah transfer, mohon konfirmasi donasi Anda ke:

  1. email : ahlan@quantumzakat.id
  2. sms : 0899.863.6060

Atau silahkan isi form donasi di bawah ini (tidak perlu konfirmasi).

Untuk informasi lebih lanjut tentang jenis-jenis harta yang wajib dizakati, berapa nishab dan haul, serta kadar/tarif zakatnya, dsb.. silahkan kontak kami melalui chat di laman bawah.

Jazakumullah khairan katsira. Semoga Allah memberkahi dan menyucikan harta yang telah kita zakati. Amin99x.

Your Donation
Your Details

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *