Quantum Zakat adalah sebuah terobosan dan inovasi dalam layanan edukasi, distribusi, dan sinergi pengelolaan zakat dengan sebanyak mungkin partisipasi dari umat Islam. Bahwa pengelolaan zakat, sejak awal adalah berbicara tentang kesatuan, maka tak ada jalan yang lebih baik, kecuali dengan bersinergi.

Kajian Quantum Zakat di TV Ochannel

Sejarah
Quantum Zakat didirikan berangkat dari sebuah keprihatinan, betapa sekian banyak dhuafa belum sepenuhnya mendapatkan hak mereka. Juga dari sebuah kemirisan, betapa rukun Islam ketiga ini (zakat), begitu terabaikan di hati umat Islam.

Sebab memang, ibadah zakat ini adalah ibadah yang tidak ada orang yang tahu kapan dan berapanya, kecuali si pemilik harta. Sehingga praktis, ketika ada orang sudah wajib zakat hartanya (nishab) dan jatuh tempo (haul) bayar zakat, hanya dirinya saja yang tahu dan tidak ada yang mengingatkan mereka bahwa sudah masuk mencapai nishab dan haul. Dan lebih ‘rumit’ lagi ketika wajib zakat ini tidak tahu berapa kadar/tarif zakat yang harus dia bayarkan, dan kepada siapa zakat itu diperuntukkan.

Pun ketika wajib zakat membayarnya.. maka tidak serta merta membuat orang lain tergerak, sebab mereka tidak tahu bahwa orang tadi sedang membayar zakat.

Maka, ibadah zakat ini pun menjadi ibadah sunyi, yang bahkan masih banyak umat Islam tidak tahu apa saja hartanya yang harus dizakati, apa itu nishab, apa itu haul, pun termasuk, kepada siapa seharusnya zakat ini diberikan.

Atas dasar tersebut, maka kami pun mencoba menginisiasi sebuah yayasan yang fokus pada edukasi, distribusi dan sinergi pengelolaan zakat.

Sebab, menurut hemat kami, dengan ketiga hal itulah, zakat akan lebih bermanfaat bagi dhuafa, berperan memberdayakan umat, dan dapat meninggikan kalimat Allah di muka bumi ini.

Legalitas
Maka pada tanggal 1 Januari 2017, Quantum Zakat mulai beroperasi menghimpun, mendata, dan menyalurkan dana-dana zakat. Yayasan Quantum Zakat resmi didirikan di hadapan Notaris Nurkholis, SH., M.Kn., dengan No. 149 tanggal 13 Januari 2017, dan dikukuhkan oleh Negara lewat Surat Keputusan Kemenkumham dengan no AHU-0000977.AH.01.04 tahun 2017.

Dan untuk mewujudkan konsep sinergi dalam edukasi, dan distribusi, maka Quantum Zakat meluncurkan gerakan komunitas Mujahid Zakat, yang terbuka bagi pihak manapun baik individu, komunitas, atau pun lembaga untuk saling bantu dalam mengedukasi, dan distribusi zakat kepada mereka yang berhak melalui fitur Lapor Dhuafa.

———-

Ketahui Quantum Zakat lebih lanjut:

  1. Sejarah dan Legalitas
  2. Visi dan Misi
  3. Terobosan dan Inovasi
  4. Program Unggulan
  5. Manajemen

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *